Surat Terbuka Untuk KELUARGA PERAK

#EdisiKompor #Aha #MejaPeradabanKami #CangkrukanKeluarga

Assalamu’alaikum para keluarga Perak Semua.

Sore ini kami berdua ngobrol sambil #ngopi ☕ sore.
Bahasan kami seputar

*_"Mengapa PERAK ini SESUATU BANGET"_*

*_"P E R A K itu K E L U A R G A_*

Apa yg kami yg mendorong kami 3 tahun lalu memutuskan dan memaksakan diri tergabung dalam keluarga ini.

Apa yang alasan kami yg kala itu masih nubie(2018) memutuskan, untuk menjadi tuan rumah / Kadus PERAK DIASPORA 2019, yg kala itu dikenal sbg kamituwo.

Apa yang membuat kami bangga tuk slalu menceritakan kepada siapapun, tentang K E L U A R G A ini.

Apa yang menjadi bahan bakar kami tuk ngebolang jauh ke prabumulih hanya untuk "sekedar". ………. ……. ….. Walaupun bagi kami tidak hanya sekedar Tp _*ESENSIAL*_ dan *_AUTENTIK_* Banget, saat diterima #OmahProject 3hr 2malam.
Ngeteh bareng pak @⁨Pak Sigit Prabumulih⁩ dan mbak @⁨Bu Ressy Prabumulih⁩ di teras rumah di pinggiran lapangan golf itu.

Apa pula yang mengirim kami terbang dan menyebrang jauh, dan masih juga tambah renang di tengah hutan sejauh 7 jam lamanya, Semarang Banjarmasin –》 Tanjung. ….. Lagi lagi tak bisa kami pake kata "hanya". Ngopi, ngeteh dan ngobrol di dapur #RumahUlin bareng pak @⁨Fitriansyah Ezman⁩ dan teh @⁨Anggarilia Meryantie Rumah Ulin Tabalong⁩ sungguh bermakna bagi kami.

Juga dengan kehangatan Homestay Kebanggaan bersama keluarga PERAK. _Villa Yudistira_ nya #RumahKuSurgaKu #RKSK, dg hidangan khas #RKSK, kopi Cepu nya Mas @⁨Mas Adin Zia Zio Salatiga Perak 2018⁩ dan Mbak @⁨Yuli⁩

Hangatnya Ngobrol sampai subuh bareng mas @⁨Yudy Mardianto Lama⁩ dan mbak @⁨Nurhikmah⁩ #BSS Banjarmasin, membelah sungai menuju pasar apung lok baintan.

Serta pelosoknya rumah adik kami #BENIQ mas @⁨Ahmad Zuhdi⁩ dan mbak @⁨Titik Awwaliyah⁩ di BUMI SEPATAN, yang berkenan kami todong masak kopi sebelum nyebrang ke sumatra lanjut prabumulih. Dan perkenan pojokan kasur beliau kami pinjem buat rebahan sepulang dari PERAK GARUT 2019 lalu, sebelum kami putar balik ke Semarang lewat bandung, singgah di #RumahSoka kang @⁨Pak Jaja PERAK Banjar Bintang 5⁩ dan teh @⁨Bu Artri Perak Garut⁩ di Banjar. Hingga dibekali sekian kotak berisikan martabak2 yg trending itu, yang legit dan hangat sebagai teman perjalanan kami lanjut ke semarang, dan kembali singgah di keluarga #KPK mas @⁨Mas Indra KPK purwokerto⁩ dan mbak @⁨Linda Kpk Purwokerto⁩. Ya #mendoan dan mie ayam. 😁😁😁.

Kehangatan rasa dan nyamannya hati juga selalu kami rindukan:

mulai dari ujung timur #ElFath mas @⁨Mas Hari El Fath Banyuwangi⁩ dan mbak @⁨Mbak Fida Hari Banyuwangi⁩ dengan PulauMerahnya.

Mbak @⁨Mbak Shanty Perak Malang⁩ dan Mas @⁨Savliyas Hernan⁩ yang berkali kali kami curhatin atas kegalauan menjelang event perak 2019 lalu. Secara beliau berdualah tuan rumah Perak Malang 2018. Terucap maaf pula tuk kamar yg ditata rapi wangi, yg tak jadi rebahi itu 🙏🙏.

Lucunya mas @⁨Mas Adri Perak Sby⁩ dan tegarnya mbak @⁨Mbak Euis Istri Mas Adri Surabaya PERAK⁩ memiliki suami sprt mas @⁨Mas Adri Perak Sby⁩. 🤭

Megah dan full servicenya villa Keluarga #Progresif nya Pak @Dirham dan mbak @⁨riyadlotus sholichah⁩ di Prigen. Dan kota gresik serta kue bikinan mbak @⁨riyadlotus sholichah⁩ yang belum kami cicipin itu. #keburuPandemi

Juga Angkringan #Viral di Wonogiri, yang menjadi ruang tamu bagi kami yg hobi memadukan piring dan sendok ini. Angkingan Sopo Ngiro. #KSN, pak @⁨Norman Ardiansah⁩ dan mbak @⁨Dewi Nurfiasari⁩. Yang sedari dulu ber buddy an, diminta menginap di NuaStar Hotel, Masih juga belum lunas, baru sekedar janji2.

Keluarga solo raya…. ada Papi @⁨Nur Amalia Taufiq Perak Solo⁩ dan mami @⁨Nur Amalia Taufiq Perak Solo⁩. Mas @⁨Deka I Djakarta⁩ dan mbak @⁨Ken Eka Fitriah⁩.

Homestay inspiratif bg kami, ala Mas Okta dan Biyung @⁨Ratna Palupi⁩, #GriyaBerkah. Yang memprovokasi kami memvermak kamar jadi kamar tamu untuk menyambut keluarga2 perak yang singgah dan berkunjung.

Hangatnya To-Soto Mlethik, ramuan pakdhe @⁨Pak Lukmanul Hakim Lurah Perak 2018⁩ dan budhe @⁨Noor Widyaningsih⁩ #DoyanDolan. Yang menyempatkan singgah di rumah kami sebelum ter vermak kala itu. Tersiksa dg #panas nya kota semarang.

Kang @⁨Lukman Disini Cangkrukan HS 2017 Ngesrep⁩ dan teh @⁨Ilva LN Hakim Ngesrep Perak⁩. Tetanggaan berlama lama, tp krn tak disegerakan berkunjung, akhirnya pindah salatiga. 😭😭

Mbak @⁨Mbak Ade Kampung Juara Salatiga⁩ dan mas Reza. Kenalan akrab kami yg pertama di komunitas ini. Yang tetap ramah hangat dan bersenyum indah menyapa kami yang bener2 nubie kala itu di event cangkrukan.

Mas @⁨Mas Hamidi Mbak Dilla Perak Jepara⁩ dan mbak Dila, Jepara. Yang dg ikhlas kami tilik (jenguk) bayi beliau saat sang bayi sudah besar. 😁😭🤭

Juga guyonan khas mas @⁨Eko Games Master Bandung Perak 2018⁩ dan senyuman adem teh @⁨Mbak Kanti Eko Nugroho Kumarra Bandung⁩, juga boardgames2 nya yg membantu kami saat membersamai sang jagoan.

Dan masih banyak keluarga2 perak yang masih waiting list kami gangguin ruang tamunya… bbrp sudah booked tp tak kunjung terlaksana. Antara lain keluarga #BumiSehatBahagia hya bidan @⁨Bidan Farida Bandung Perak⁩ bandung, keluarga #firdausArk kang @⁨Kang Zaqi White Bee Bandung Suami Teh Nca⁩ dan teh @⁨Nisa Nur Arifah Teh Encha Bandung⁩, bandung. keluarga #Pelangi pak @⁨Pak Edo Perak Loksado⁩ dan bu @⁨Bu EDO – VIVI Perak Loksado⁩, Barabai.

Agenda kami yg tertunda, yaitu lari keliling Hanggar bareng mas @⁨Mas Faisal Jami Keruntelan Perak Garut⁩ dan mbak @⁨Savira ~ Bunda Althaf⁩, #keruntelan. Ditemani teman sekamar saat perak garut, mas @⁨Mas Yogi GMF Perak GARUT⁩. Semoga ada rezeki rescheduling lg.

Bahkan maret kmren kami pengen ngapal ke Medan buat bukin kejutan ketemuan, ngopi bareng mas A Yani dan mbak @⁨Yessy Iyes Istri Ahmad Yani Medan Perak⁩.

Dan masih banyak keluarga lain yg mgkn belum terketik.

Juga selalu di hati, walau gak berani men mention nya. Yaitu keluarga #Padepokan Margosari. Emak @⁨Bu Septi Peni Wulandani⁩ dan Bapak @⁨Pak Dodik Salatiga -suami Bu Septi Peni⁩, juga mas mas mbak mbak.

Ada begitu banyak tanya dan cerita bahagia sore ini tadi. Apa, mengapa, kenapa, untuk apa, untuk siapa dan bagaimana…..

Ya… P E R A K sangatlah istimewa.

Obrolan ini dimulai saat kami ngobrolin mbak Manda dari #GriyaBerkah Jogya dan mbak Ulan dari #DoyanDolan salatiga, berbulan bulan belajar bareng dengan #OmahProject.

Disusul kabar terbaru tentang kepindahan #OmahProject ke Jawa.

Seberapa pentingkah ini ?!

Ya, bagi kami yang ngerasa nyaman dan mudah *_belajar_* melalui cara dan metode *_"berkunjung silaturahmi – melihat langsung – ngobrol langsung – dan ngopi ngeteh langsung"_* ini, kabar itu sangat menyejukkan. Krn belajar langsung ke #OmahProject tak lagi jauh. Ngeteh bareng dengan #OmahProject terbayangkan lebih mudah.

Titip menitipkan anak,
Magang,
Intership,
Nyantrik,
Boarding,
Ngebolang,
BelajarBareng,
Kerjabareng,
Projectbareng,

Atau apapun itu istilahnya dan diistilahkan.

Yg jelas itu semua jadi *_M U D A H_* di perak ini.

Begitu banyak dan variatifnya profesi dan bisnis keluarga2 perak. Menjadikan tahapan _*talent journey*_ sang jagoan jadi lebih mudah.

Jika sang jagoan, putra kami :
Pengen bisnis klinik kirim saja ke #KSN dan #BumiSehatBahagia

Pengen bisnis retail, magangin aja di #RumahSoka

Pengen kuliner, jadikan waiter saja di #KSN dan #RumahSoka

Pengen bisa bikin boardgames, jadikan saja sbg cantriknya mas @⁨Eko Games Master Bandung Perak 2018⁩

Pengen bisnis mebel, magang jadi tukang amplas di mas @⁨Mas Hamidi Mbak Dilla Perak Jepara⁩

Pengen jadi lawyer, biarlah dia jadi asisten pembawa tas Papi @⁨Taufiq Nugroho Perak Solo⁩

Pengen bisa masak ala chef resto, kos kan saja di rumah mas @⁨Deka I Djakarta⁩

Pengen bisa nyanyi, belajar langsung sama kang Abay.

Dan sekian banyak talent talent lainnya dalam keluarga ini.

Pun juga demikian buat kita para ortu yang dewasa ini. Belajar langsung dg keluarga yg sdh menjalankan sesuatu bidang itu, lebih mudah belajarnya. Istilah keren nya _mentorship_ dalam keluarga.

Dan masih belum juga menghitung berapa homestay yg kita punya…. terbentang seluas peta yang mampu dicetak oleh keluarga ini. Cukup, share di kanal ini..

_"hai, Assalamu’alaikum. Kami ada di kota surabaya nich. Adakah yang bisa nemenin ngopi ngeteh?"_

seketika japri masuk, dg sekiat pertanyaan…..

_silahkan mampir, alamat kami di..xxxx_
_Posisi dimana, kami jemput ya….._
_Sampai kapan? Nginap di rmh kami ya…_
_Perlu mobil? Silahkan bawa mobil kami…_
_Perlu motor, pake motor kami saja…._

dan lain lain….

Inilah yang kami rasakan. Padahal kami tergolong newbie, gak terlalu sering beredar, tak terlalu banyak kenal senior junior dan sesama, tak terlalu dekat dg banyak keluarga.

_*TAPI KAMI MERASAKAN KEHANGATAN INI*_
_KAMI MENYADARI POTENSI INI_
_KAMI MENGAKUI MANFAAT MANFAAT INI._

Keluarga ini sangat berbeda dengan komunitas biasa.
Di keluarga ini banyak sekali potensi, yang bisa mempermudah kita dalam membersamai buah hati.

Selalu kami ingat pesan Emak @⁨Bu Septi Peni Wulandani⁩, Bapak @⁨Pak Dodik Salatiga -suami Bu Septi Peni⁩
*_"tergabung di dalam komunitas PERAK ini, bagaikan K E L U A R G A. Seketika anak anak kita mempunyai bapak yang berjumlah banyak, mempunyai ibu yang juga berjumlah banyak. Dan kita para orang tuanya, juga seketika punya anak banyak._*

Di sini Kita bisa saling bantu, saling dukung dan saling isi dalam membersamai sang buah hati, sekaligus membangun peradaban lebih baik.

Semoga percikan obrolan kami ini, yang serasa curhat, dapat mempererat tali silaturahm kita semua.

Semoga sehat selalu. Lancar rezeki dan selalu bahagia.😃😃.

_*Terkhusus*_ buat Emak @⁨Bu Septi Peni Wulandani⁩ dan Bapak @⁨Pak Dodik Salatiga -suami Bu Septi Peni⁩,
T E R I M A K A S I H atas semua hal baik ini. Semoga Allah meridhoi. Aamiin

Buat seluruh keluarga PERAK

Salam ☕☕ #NgopiBebarengan

Salam hangat dari kami,

_*The Travel Schoolers Indonesia*_
aka
Penggemar Bagong / PB

Semarang, 21 juni 2020.
Selesai ketik 20.10

NB. numpang release #Rebranding #FamilyBranding 🙏

Best Regards,

Dutria Bayu

Text 085640262068

Teks ini diketik untuk dikirimkan ke WAG PERAK DIASPORA
21 juni 2020. Jam 20.10

Tinggalkan komentar